Sketsa Dafinah : Ala Bisa Karena Biasa

Awalnya tak biasa, akhirnya jadi kebiasaan

Serupa dengan manusia dewasa, bayi pun bisa dibiasakan dengan sebuah rutinitas, itu kata ibu saya. Memasuki usianya yang (baru) dua bulan, dimulailah pembentukan rutinitas sederhana bagi Dafinah. Mungkin tidak seberapa besar, namun rasanya cukup menggembirakan melihat ia sudah terbiasa melakoninya. Kebiasaan Dafinah yang baru terbentuk secara garis besar meliputi dua hal, yaitu kebiasaan memulai hari dan kebiasaan pup. Tapi di postingan ini sepertinya akan bercabang beranting 😀

First, kebiasaan memulai hari apalagi kalo bukan diawali dengan tersenyum manis bersiap dipijat oleh sang nenek (bundanya sesekali doang 😀  ). Pada sesi pijat ini, Dafinah seolah sudah mengetahui ketika pakaiannya dilepaskan maka ia akan merasakan bagian-bagian tubuhnya “sedikit dipelintir”, maka respon pertama yang diberikan adalah menutup rapat jemari tangannya begitu bajunya terlepas. Dan ini terjadi hanya pada pagi hari saja. Kalaupun ia berganti pakaian di waktu lain (tanpa pijat tentunya), ia akan bersikap biasa saja. Kebiasaan ini terbentuk sendirinya akankah berubah seiring pertambahan usianya? Jawabannya masih tersimpan oleh misteri waktu.

Second, setelah sesi pijat dilanjutkan dengan mandi dan minum susu (bukan sambil minum susu). Usai mandi jangan sekali-kali menjauhkan susu dari mulutnya, pasti Dafinah akan menangis. Tak perlu menunggu pakaian menghias badan, setelah dibungkus handuk segerakan susu maka ia pasti akan meminumnya dengan lahap. Dafinah kenyang, waktunya berpakaian kemudian zzzzzz…bobo.

Tidur yang nyenyak ya, Nak.

Tidur yang nyenyak ya, Nak.

Third, berbicara bobo a.k.a tidur, maka saya boleh bersenang diri. Musababnya, putri kecil kami ini Alhamdulillah sudah jauh dari kata begadang. Masih hangat di ingatan kala ia baru keluar dari rumah sakit, tak ada malam yang dilaluinya tanpa terjaga. Sampai-sampai saya dan suami yang sama-sama doyan tidur menjadi kewalahan. Tak jarang, Dafinah sudah menangis eh kami masih lelap (hahaha, niat gak sih jadi orang tua) sehingga sang nenek tercintalah yang turun tangan menidurkan cucu cantiknya (narsis gapapa, kan?). Bagaimana sekarang?? Semuanya menjadi lebih baik. Jam tidurnya mulai teratur, ba’da Maghrib sudah ngantuk kemudian lelap hingga tiba waktu sahur. Jadi, tak perlu bagadang dan tak butuh tukang heboh yang bangunin sahur, cukup Dafinah saja :D.

copy foto0178

Bersiap pup 🙂

Fourth¸bayi pup kapanpun dia mau, tak perlu permisi, mau ngotorin selusin popok juga tak masalah. Sementara my Dafinah sudah terbiasa memberi tanda jikalau sedang ingin “setoran”. Biasanya ia akan mengedan pelan atau mulutnya membentuk huruf O. Kalau sudah demikian, waktunya buka celana ya, Nak. Berikan waktu sekitar 15 menit sambil kita pura-pura mengedan, maka ia pun akan menuntaskan pupnya sampai lega. Dengan kebiasaannya ini, setidaknya jumlah celana kotor akibat pup berkurang, sebab ia mulai teratur pup sekali sehari.

foto0208

Dipaksain pake bando 😀

The last (tapi belum tentu yang terakhir), Dafinah tak biasa dan tak suka memakai aksesoris kepala baik berupa bando ataupun topi meski ia sudah dibiasakan.  Dia pasti akan gelisah dan mengucek-ucek kepalanya jika ada sesuatu yang nyangkut di sana.

foto0136

Pake kupluk jadi mirip cowo cakep 😀

 Ia tak nyaman didandani seperti baby-girl  yang lain. Mungkin saja ketidakbiasaannya ini menurun dari emaknya yang fakir dandan, hehehe.  Simple is elegant, begitu kan, Nak? 🙂 

 

Tetapi, dari semua yang saya tuliskan di atas kebiasaan yang paling kami (saya dan suami) senangi adalah waktu tidur yang teratur, apalagi kalo tidurnya sambil senyum… maka nikmat Allah mana lagi yang kami dustakan…

foto0190

Amanah dariNya

Advertisements

Posted on July 24, 2013, in Dafinah and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: