[Belajar Masak] Bola-Bola Sayur-Mie

Assalamu’ alaikum… Hola…. waahh…lama muncul di sini lagi. Rumah Fina ini mulai ditutupi debu maya. Bersih-bersih dulu aahhhh….. hihihihi.

Beberapa hari lagi Fina genap sebelas bulan. Tidak lama lagi diet gula garam di makanan MPASI-nya akan segera berakhir. Sebentar lagi udah boleh makan macem-macem dong ya,Nak. Nah, jelang masa itu saya sudah mulai lagi nyontek-nyontek resep gampang (pake banget) buat bakal camilan Fina nantinya (sekarang camilannya masih seputar buah saja). Berkat info dari teman maka bergabunglah saya di grup NCC yang banjir resep; mulai yang simple sampe yang rumit; dari yang dikonsumi sendiri sampe buat jualan. Berhubung saya orangnya agak malas dan maunya bikin yang gampang-gampang saja, maka beruntunglah saya menemukan resep camilan  murah, mudah, dan bikin nelan ludah…hehe. Apaan tuh? Yuukk diintips.

 

Bola-Bola Sayur Mie

Original Recipe from Vina Amartha (Bola-Bola Mie)

Source : Facebook NCC

 

Bahan:

  • 125 gr terigu (saya pake segitiga biru)
  • 1 bungkus mie instan rasa apa saja (pake mie telor juga bisa), rebus lalu tiriskan.
  • 2 buah wortel, parut kasar (kalo resep aslinya dipotong kotak)
  • ½ buah labu siam, parut kasar.
  • 1-2 buah kentang, parut kasar.
  • 1 batang daun bawang, cincang.
  • 1 sdt garam (kalo pake bumbu mie instan, cukup ½ sdt saja garamnya).
  • 1 sdm gula.
  • ¼ sdt merica bubuk.
  • 1- 2 siung bawang putih,cincang (berhubung saya nyetok bawang putih yang sudah dihaluskan saya pake 1 sdt bawang putih halus)
  • Sosis, di potong sesuai selera (buat isian)
  • 1 putih telur plus tepung panir (saya tidak pake, karena kebetulan telur abis dan ga nyetok tepung panir *ketauan malasnya* ehehehe)

Sekarang cara bikinnya:

  • Tumis bawang putih dan daun bawang sampai wangi. Lalu masukkan wortel, labu siam, dan kentang. Tutup wajan, tunggu hingga agak empuk (jangan sampai terlalu empuk).
  • Masukkan bumbu mie (kalo mau), garam, gula, merica. Aduk rata.
  • Masukkan mie, aduk lagi. Terakhir tambahkan terigu, aduk hingga terigu matang dan adonannya rata. Angkat.
  • Setelah adonan agak hangat, ambil sedikit adonan, pipihkan. Masukkan potongan sosis, bulatkan.
  • Celup ke putih telur, gulirkan ke tepung panir (saya skip bagian ini).
  • Goreng atau bisa disimpan di freezer (tahan sampai 1 minggu kata yang empunya resep).

Berhubung saya bikinnya malam, jadi abis dibulat-bulat langsung masuk freezer. Besok paginya baru digoreng.

foto0841

Setelah digoreng (meski sedikit over) ternyata mienya renyah di luar, lembut di bagian dalamnya. Disajikan dengan sambal botolan lebih enyaak, itu testimoni suami (uhhuuuiiii). Nah, bagi emak-emak yang sealiran sama saya (sealiran malasnya hehehe) silakan dicoba, makin banyak sayurnya makin oyeee 😀

foto0842

Posted on April 13, 2014, in Bunda, MasakMasak and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. sluurpptt….enak nih dicocol pake saos hun hehehe…
    kamu sehat???

  2. Iyaa Hun…kata suami sih begitu..heheh… Alhamdulillah sehat…. Dirimu gimana? Senang ya abis balik kemarin….

Leave a Reply

