[Belajar Masak] Pepes Tahu

 

Beberapa hari lalu entah mengapa tiba-tiba saya kangen makan pepes tahu, makanan yang untuk pertama kalinya saya icip saat numpang tinggal di Bandung. Pengen beli, ga ada yang jual. So, tak ada jalan lain selain memasak sendiri, maka dengan memanfaatkan ingatan indera pengecap dan hasil browsing-browsing, mulailah saya memasak pepes tahu untuk pertama kalinya. Check it out, hehehe.

Siapkan bahan-bahannya yang gampang dan murah meriah:

  • Tahu putih 4 buah, hancurkan pakai sendok
  • Daun bawang 2 tangkai
  • Bawang putih 3 siung, haluskan
  • Bawang merah 1 siung, haluskan
  • 2 buah cabe merah besar, iris serong
  • Cabe rawit
  • Daun salam
  • Daun kemangi
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya (bila suka, bisa juga diganti gula)
  • Minyak goreng sesendok
  • Kunyit secukupnya (saya pake bubuk kunyit karena adanya itu)
  • Daun pisang beberapa lembar (saya jemur-jemur dulu biar agak lunak dan tidak mudah sobek)

Bahan siap, kini cara masaknya yang juga gampil:

  • Setelah tahu dihaluskan, campurkan dengan bawang merah-putih yang telah dihaluskan, tambahkan sedikit bubuk kunyit. Aduk rata.
  • Setelah bumbu bercampur dengan tahu, masukkan irisan daun bawang, irisan cabe merah, minyak goreng, garam dan penyedap. Hasilnya kira-kira kaya ini:

foto0629

  • Siapkan daun pisang, gunting sesuai ukuran yang diinginkan.
  • Bungkus campuran tahu dengan daun pisang. Selipkan cabe rawit, daun kemangi, dan daun salam kemudian semat kedua ujungnya pakai lidi atau di-hekter juga bisa.
foto0633 - Copy_1

Ga bakat bungkus-bungkus

  • Sambil membungkus campuran tahu, panaskan kukusan.
  • Kukusan panas, bungkusan selesai. Kukus tahu yang telah dibungkus kurang lebih 25 – 30 menit.
  • Setelah matang, angkat. Sajikan dengan nasi panas.
foto0634_1

Hasil pertama 🙂

Nah, gampang banget kan? Bikinnya juga gak lama, dan rasanya…eum..eum… silakan tanya ayah Fina. Pasti dibilangnya enak, kalo ga enak saya mogok masak seminggu, hehe.

Well, selamat mencoba! 🙂    🙂

Advertisements

Posted on February 16, 2014, in Bunda, Celoteh Bunda, MasakMasak and tagged , , . Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. pepes tahu,sayur bening,sambal tomat,,sluurpppttt

  2. nyam nyam nyaaam…
    Biasanya kalo aku bikin pepes tahu, aku tambahin suwiran ikan asin. Hula hula..

  3. kalimat akhirnya paling kusuka. law gak enak mogok masak …..hahaha 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: